Konsep Indonesia (KonsepIndo) Research & Consulting

Masuk Era Politisi Matematis, Begini Kata Pengamat Soal Pilkada Kota Tangerang

Veri Muhlis Arifuzzaman

Masuk Era Politisi Matematis, Begini Kata Pengamat Soal Pilkada Kota Tangerang

August 28, 2017
|

KOTA TANGERANG, KICAUNEWS.COM -Iklim Pilkada Serentak 2018 yang akan digelar di Kota Tangerang saat ini masih dingin. Kalahnya pamor Parpol oleh pamor Per-seorangan, meninbulkan banyak pertanyaan dan tanda tanya besat, ada apa ?.

Dalam momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak seharusnya Parpol bisa tampil ke permukaan, dan berani memajukan kadernya. Sebab selain sarana mencapai kekuasaan, Pilkada juga adalah sarana perkaderan.

Selain itu, Partai politik yang seharusnya menjadi poros utama dalam demokrasi, saat ini dinilai gagal menjalankan kaderisasi dan terlalu berorientasi pada kekuasaan.

Demikian hal itu disampaikan Direktur Konsepindo Research and Consulting, Very Muhlis Ariefuzzaman, Senin (22/08) saat dimintai keterangan Jurnalis KICAUNEWS.com mengenai Pilkada Kota Tangerang, lewat pesan singkat.

Pengamat Politik dan Kebijakan Publik ini mengatakan, jika dalam Pilkada Serentak 2018, partai politik tidak bisa tampil ke permukaan, maka Parpol gagal menjalankan fungsi kaderisasi dan terlalu berorientasi pada kekuasaan.

“Seharusnya Parpol berani majukan kader jika memang menganggap Pilkada adalah sarana pengkaderan.” kata Very, kepada KICAUNEWS.com, melalui pesan singkat.

Lebih jauh, Very juga mengungkapkan, dibeberapa daerah yang pertahananya amat kuat, kader Parpol tidak tampil dan ciut tak punya nyali untuk menentang pertahana. Paling bantar, masih kata Very menambahkan, mereka (Parpol) berlomba untuk dipinang di posisi wakil.

“Di beberapa daerah yang petahana amat kuat memang jarang ada kader parpol yang punya nyali tampil untuk menantang. Paling bantar mereka berlomba utk dipinang di posisi wakil. Sekarang memang era politisi matematis dan politisi untung rugi.” ungkap Very.

Diketahui, suasana Pilkada di Kota Tangerang yang akan berlangsung pada 2018, masih adem, dari jumlah partai yang ada, baru hanya beberapa yang sudah memberikan rekomendasi.

Diantaranya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar dan Partai Nasdem saat ini sudah mengeluarkan rekomendasi untuk bakal calon Walikota Tangerang untuk diusung dalam Pilkada 2018.

Sumber: KicauNews.com