Konsep Indonesia (KonsepIndo) Research & Consulting

Profil

Konsepindo Research & Consulting

Konsultan Sosial, Ekonomi,  Politik Indonesia (KONSEP INDONESIA) atau biasa disebut Konsepindo Research & Consulting adalah Kantor Konsultan Politik & Lembaga Survei. Konsepindo didirikan oleh Veri Muhlis Arifuzzaman pada tahun 2008. Pengalaman panjangnya sebagai pimpinan lembaga riset Himpunan untuk Penelitian & Pengembangan Masyarakat (HP2M) sebuah NGO ternama pada masanya yang didirikan oleh para tokoh nasional seperti Prof. Azyumardi Azra, Prof. Komaruddin Hidayat dan lain-laan serta pengalaman menjalankan program pengorganisasian masyarakat selalu direktur program Indonesian Institute for Civil Society (INCIS) sekaligus pengalaman sebagai tenaga lapangan survei dibawah bimbingan Dr. Saiful Mujani (guru sekaligus seniornya saat aktif sebagai aktivis mahasiswa di Formaci) juga pengalaman bekerja dibawah bimbingan Dr. Denny JA saat bekerja di Lingkaan Survei Indonesia (LSI) telah mengukuhkan kemampuan memadukan berbagai strategi dan disiplin keilmuan dibidang riset politik dan pengorganisasin rakyat di tingkat akar rumput ke dalam pendekatan baru yang diklaim sebagai strategi & taktik pemenangan pilkada khas Konsepindo.

Kekuatan layanan Konsepindo adalah pada pengorganisasian pemilih berbasis area secara terstruktur dan penyiapan tenaga pengorganisasian politik di akar rumput yang terlatih. Saat yang sama, Konsepindo juga melakukan pelatihan para relawan pemenangan  dan simpatisan berbasis data dan informasi yang dihimpun. Data survei dipandang sebagai deteksi; strategi dan taktik terbarukan dipandang sebagai resep; sementara manajemen pemenangan pemilu dipandang sebagai pelaksanaan strategi yang selalu dipantau secara kontinu dengan monitoring dan evaluasi yang terukur: prinsipnya tidak akan ada program yang tidak bisa diukur efektivitas dan pengaruhnya terjadap elektabilitas.

Kredibiltas lembaga ini di bidang survei pemilu tidak diragukan lagi. Konsepindo juga tercatat sebagai aggota PERSEPI dimana kode etik asosiasi mengikat lembaga ini untuk taat pada azas, metode dan pelaksanaan survei yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan.

Kredibilitas lembaga ini dalam hal pemenangan pemilu khususnya Pilkada tak bisa dipandang remeh. Hampir semua pilkada di Provinsi Banten, lembaga ini terlibat dan membantu memenangkan para kandidat yang didampinginya. Demikian juga pilkada di daerah lain seperti Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Kepulauan Riau. DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provisni Kalimantan Timur dan lain-lain.

Dalam menjalankan survei Konsepindo melibatkan tenaga ahli dan tenaga lapangan yang dilatih secara khusus. Dalam pendampingan pemenangan pemilu Konsepindo menempatkan konsultan lapangan di setiap daerah dan bertindak sebagai fasilitator pengorganisasian politik sekaligus menjadi advisor berjaga di areanya.

Motto:

Tim kecil yang teroganisir dengan baik bisa mengalahkan tim besar yang amburadul.

Prinsip:

Lebih baik hampir kalah daripada nyaris menang.