Konsep Indonesia (KonsepIndo) Research & Consulting

Pertemuan Jokowi-AHY Diharapkan Bisa Meredam Kehangatan Politik

Pertemuan Jokowi-AHY Diharapkan Bisa Meredam Kehangatan Politik

6 Mei 2019
|

Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Komandan Komando Satuan Tugas Bersama Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai positif. Hal itu diharapkan bisa meredakan suasana politik yang masih hangat pasca Pilpres 2019.

Pengamat politik Veri Muhlis Arifuzzaman menilai wajar jika pertemuan itu menghasilkan konsesi jatah kursi kementerian atau kursi politik. Asal tujuannya untuk menciptakan kerukunan politik yang bermuara kepada warga, dan pendukung kedua capres-cawapres.

“Saya rasa jatah-jatahan kursi politik bisa dipahami. Pak Jokowi cukup punya pengalaman merangkul kekuatan politik nasional. Jadi demi kepentingan kerukunan nasional, hal demikian bukanlah sesuatu yang tabu,” kata Veri di Jakarta, Sabtu, 4 Mei 2019.

Menurut dia, agenda terpenting ke depan yakni menjaga bangsa agar tidak terpecah menjadi dua kubu. Pihak yang kalah harus legawa, bila menang wajib merangkul.

Veri memandang Pilpres 2019 ini merupakan yang terpanas sepanjang sejarah. Terjadi pembelahan di masyarakat dan itu terasa hingga di negara lain, seperti Mekkah dan Madinah, Arab Saudi. Namun, lanjut dia, capres-cawapres terpilih bisa merekatkan pendukung dari kedua kubu bila mau merangkul yang kalah.

Dia juga mengingatkan agar capres-cawapres yang kalah dapat menerimanya, setelah hasil rekapitulasi penghitungan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) keluar. Jiwa kesatria harus ditunjukan kepada masyarakat untuk generasi mendatang, apalagi para capres juga pernah bertarung pada Pilpres 2014.

“Ini kan pertarungan ulang, jadi ya ulangilah apa yang terjadi di pilpres lalu, semua saling mengakui dan saling menghormati,” ujar Direktur Lembaga Survei Konsep Indonesia (Konsepindo) Research & Consulting itu.

Sumber: Medcom

Link: https://www.medcom.id/pemilu/news-pemilu/GNGBRQlK-pertemuan-jokowi-ahy-diharapkan-bisa-meredam-kehangatan-politik